Kenali Suthida Sebelum Bergelar Permaisuri Thailand - Bulletin Saya

Friday 3 May 2019

Kenali Suthida Sebelum Bergelar Permaisuri Thailand

0
Kenali Suthida Sebelum Bergelar Permaisuri Thailand
Raja Thailand, Raja Maha Vajiralongkorn, memasyhurkan isteri baginda, Jeneral Suthida Vajiralongkorn Na Ayudhya, sebagai Permaisuri negara itu pada Rabu.


Upacara berkenaan dilakukan dengan penuh tertib dan adat istiadat diraja Thailand di Istana Besar, Bangkok.

Gazet Diraja Thailand memaklumkan Suthida sudah berkahwin secara sah dengan Raja Maha Vajiralongkorn dan kini bergelar Permaisuri Suthida.

Laporan terdahulu menyatakan Permaisuri Suthida pernah berkhidmat sebagai krew pesawat Thai Airways, sebelum dilantik sebagai pengawal istana pada 2014.

Baginda kemudian dilantik sebagai komander unit pengawal Raja, dengan pangkat Jeneral.

Bodindradebayavarangkun, mempromosikan salah seorang `pengawal perempuan kerajaan` menjadi `jenderal empat bintang khusus`.

Kenaikan pangkat itu -yang diumumkan oleh buletin resmi kerajaan, The Royal Gazette, pada 13 Desember- tak sampai setahun setelah perempuan tersebut mendapat pangkat `jenderal empat bintang`.

Sebenarnya promosi terbaru untuk Suthida Vajiralongkorn Na Ayudhya yang menjabat sebagai Wakil Komandan Keamanan Kerajaan, diberlakukan 1 Agustus lalu namun baru diumumkan di catatan resmi kerajaan pada 10 Desember 2017.

Menurut data Royal Gazette, Suthida hanya membutuhkan waktu empat tahun untuk naik pangkat dari letnan kolonel menjadi jenderal empat bintang, dan semuanya diputuskan oleh raja.


Pada 13 Oktober 2017 -saat mengenang satu tahun ayahnya- Raja Maha Vajiralongkorn juga menganugerahkan gelar kehormatan kepada Suthida, yaitu Dame Grand Cross (First Class) of The Most Illustrious Order of Chula Chom Klao atau Than Phu Ying.

Raja Maha Vajiralongkorn Bodindradebayavarangkun -sejak menjabat putra mahkota- yang memutuskan promosi Suthida dari letkol menjadi jenderal bintang empat.

Dia merupakan perwira perempuan pertama yang meraih gelar itu sejak tahun 2004 dan yang pertama di bawah kekuasaan Raja Rama X, gelar untuk Maha Vajiralongkorn yang menggantikan ayahnya, Bhumibol Adulyadej atau Raja Rama IX, yang wafat 13 Oktober 2016.


Situs Wikipedia menulis Suthida bekerja sebagai pramugari Thai Airways sebelum ditunjuk sebagai komandan pengawal kediaman putra mahkota, Pangeran Vajiralongkorn, pada Agustus 2014.

Laporan-laporan menyebutkan setelah bercerai dengan istrinya, Srirasmi Suwadee, Pangeran Vajiralongkorn menjalin hubungan asmara dengan Suthida.


Media-media asing pada Oktober 2016 sempat pula memberitakan Suthida disiapkan sebagai `istri` raja walau kerajaan tidak pernah menyatakan hubungan antara keduanya.

sumber: The Royal Gazette
Author Image
AboutKakak Nany

seorang blogger sepenuh masa yang memaparkan isu semasa

No comments:

Post a Comment